Rabu, 22 November 2017

Manfaat Susu Jagung

Jagung salah sumber makanan bergizi yang kadang dianggap sepele ternyata mempunyai kandungan gizi penting untuk kesehatan. Mendengar kata "Jagung" paling banyak yang akan terlintas dalam benak kita paling-paling adalah jagung bakar.

Nah ternyata jagung tidak hanya lezat dinikmati dengan cara dibakar, tetapi bisa dinikmati dengan cara diminum. Ya susu jagung adalah inovasi baru yang memiliki kandungan gizi penting untuk kesehatan diantaranya adalah karbohidrat dan lemak. Karbohidrat jagung terdiri dari pati, gula, serat kasar dan pentosan. Pati jagung terdiri dari amilosa dan amilopektin, sedangkan gulanya berupa sukrosa. Lemak jagung sebagian besar terdapat pada bagian lembaganya. Asam lemak penyusunnya terdiri dari asam lemak jenuh yang berupa palmitat dan stearat serta asam lemak tidak jenuh berupa oleat dan linoleat. Protein jagung mempunyai komposisi asam amino yang cukup baik, tetapi asam amino lisin dan triptofan terdapat dalam jumlah kecil. Disamping itu jagung tidak mengandung lactate intolerance (yang membuat susu bau amis). Susu jagung mengandung serat lebih banyak, cocok buat mereka yang diet.

Tabel 1. Komposisi nilai gizi jagung
Kriteria giziSatuanJumlah
β-karotinmg/100 g0.76
Asam Jenuh"1,61
Asam lemak tidak jenuh"5,05
Protein"9,01
Amilosa"34,55
Amilopektin"65,45
Lisin"0,2
Triptofan"0,04

Berikut kutipan manfaat zat-zat diatas bagi kesehatan tubuh kita:

β-karotin
Tak hanya ampuh melawan radikal bebas serta menjauhkan tubuh dari sel kanker. Beta karoten ternyata memiliki manfaat lain yang tak kalah hebatnya. Seperti;

  1. Menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian berhasil mengungkapkan bahwa orang yang darahnya mengandung beta karoten relatof tinggi, memiliki risiko rendah terhadap serangan jantung.
  2. Melidungi tubuh dari efek buruk rokok dan polusi udara.
  3. Melindungi seseorang dari ancaman alergi cahaya hingga 80%.
  4. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Itu sebabnya suplemen beta karoten masuk dalam daftar pengobatan yang diberikan kepada pasien penderita AIDS.
Asam Jenuh
Lemak jenuh atau sering disebut lemak jahat yang berusaha dihindari oleh orang Amerika bukanlah penyebab penyakit moderen kita. Sesungguhnya, mereka memainkan peranan penting dalam fungsi kimiawi tubuh:
  1. Asam lemak jenuh memenuhi sedikitnya 50 persen membran sel. Mereka memberikan sel-sel kita integritas dan kekentalan yang diperlukan.
  2. Mereka memainkan peranan penting terhadap kesehatan tulang. Agar kalsium dapat bersatu dengan struktur tulang kerangka secara efektif, sedikitnya 50 persen lemak makanan seharusnya mengandung lemak jenuh.
  3. Mereka menurunkan Lp (a), substansi dalam darah yang mengindikasi kecenderungan penyakit jantung.
  4. Mereka melindungi hati dari alkohol dan racun lainnya, seperti Tylenol.
  5. Mereka meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Mereka diperlukan untuk penggunaan asam lemak penting dalam jumlah tepat. Asam lemak omega-3 bertahan lebih lama di dalam jaringan ketika makanan yang masuk kaya akan lemak jenuh.
  7. Asam 18-carbon stearic dan asam 16-carbon palmitic adalah jenis asam lemak jenuh yang baik bagi jantung, itulah mengapa di sekitar otot jantung kaya akan lemak jenuh. Jantung mengambil cadangan lemak ini saat mengalami depresi.
  8. Asam lemak jenuh dengan rantai pendek dan medium merupakan antimikroba penting. Mereka melindungi kita agar mikroorganisme berbahaya tidak masuk ke dalam pencernaan.
  9. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung anggapan yang menyatakan bahwa "penyumbatan arteri" menyebabkan penyakit jantung. Sesungguhnya, evaluasi lemak pada penyumbatan arteri menunjukkan bahwa hanya sekitar 26 persen lemak yang dijenuhkan. Sisanya adalah lemak tidak jenuh, dan lebih dari setengahnya adalah lemak tak jenuh ganda.
Asam Tak Jenuh
Sebuah penelitian oleh Grundy dari Fakultas Kedokteran Kalifornia, AS, membuktikan, kadar kolesterol tubuh bisa turun apabila diet mengandung lebih banyak asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda daripada asam lemak jenuh. Diet asam lemak jenuh selama sebulan terbukti menaikkan kadar kolesterol. Sedangkan dengan diet asam lemak tak jenuh tunggal, kadar kolesterol menurun tajam termasuk LDL dan HDL-nya. Pada diet asam lemak tak jenuh ganda, kolesterol total dan LDL menurun, sementara HDL relatif tidak berubah.

Protein
Protein diperlukan oleh tubuh sebagai zat pembangun, pengatur dan bahan bakar.
  1. Zat pembangun: protein adalah bahan pembentuk jaringan baru di dalam tubuh.
  2. Zat pengatur: protein berperan mengatur berbagai sistem di dalam tubuh.
  3. Bahan bakar: protein akan dibakar ketika kebutuhan energi tubuh tidak dapat dipenuhi oleh hidrat arang dan lemak.
Jagung sendiri adalah makanan pokok sumber karbohidrat yang mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh seperti gula, minyak lemak, kalium, kalsium, fosfor, zinc (besi), vitamin A, B1, B6, dan C.

Nah saatnya andapun mencoba susu jagung yang tidak hanya kaya akan zat gizi tetapi juga lezat.

0 komentar:

Posting Komentar

Peta Lokasi Susu Jagung Naga SP