Rabu, 22 November 2017

Khasiat Susu Jagung

Manfaat jagung yang ditawarkan untuk kesehatan kita tidak lain dikarenakan adanya kualitas nutrisi di dalamnya. Disamping kaya phytochemical juga memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit kronis. Berikut ini beberapa manfaat jagung bagi kesehatan kita:
  1. Sumber yang Kaya Kalori: Jagung merupakan sumber yang kaya kalori dan merupakan makanan pokok bagi banyak penduduk. Kandungan kalori jagung adalah 342 kalori per 100 grams, salah satu yang tertinggi di sereal.
  2. Pencegahan Kanker Usus dan Wasir: Kandungan serat dari satu cangkir jagung adalah 18,4% dari jumlah harian yang disarankan. Ini membantu dalam mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir, serta menurunkan resiko kanker usus.
  3. Sumber yang Kaya Vitamin: Jagung kaya akan vitamin B, khususnya Thiamin dan Niacin. Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Kekurangan Niacin bisa menyebabkan pellagra; penyakit yang ditandai dengan diare, demensia dan dermatitis dan umumnya diamati pada orang kekurangan gizi. Jagung juga merupakan sumber yang baik untuk asam pantotenat yang merupakan vitamin yang diperlukan untuk karbohidrat serta protein dan metabolisme lemak dalam tubuh. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mengakibatkan kelahiran bayi kurus dan juga dapat mengakibatkan cacat neural tube pada saat lahir. Jagung menyediakan potongan besar dari kebutuhan folat sehari-hari. jagung kuning merupakan sumber yang kaya beta-karoten yang membentuk vitamin A dalam tubuh, penting untuk pemeliharaan visi yang baik dan kulit. Kernel jagung kaya akan vitamin E, antioksidan alami penting untuk pertumbuhan.
  4. Mengandung Mineral yang Diperlukan: Jagung selain mengandung banyak fosfor dan magnesium, mangan, seng, besi dan tembaga. Serta mengandung mineral seperti selenium. Fosfor sangat penting bagi pemeliharaan pertumbuhan normal, kesehatan tulang dan fungsi ginjal normal. Magnesium diperlukan untuk mempertahankan denyut jantung normal dan untuk kekuatan tulang.
  5. Sifat antioksidan Jagung: Menurut studi yang dilakukan di Cornell University, jagung merupakan sumber yang kaya antioksidan yang melawan kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan, proses memasak dapat meningkatkan zat antioksidan dalam jagung manis. Jagung merupakan sumber yang kaya akan senyawa fenolik asam ferulic, agen anti-kanker yang telah terbukti efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati. Anthocyanin, ditemukan dalam jagung ungu juga bertindak sebagai pemulung penyebab kanker radikal bebas.
  6. Melindungi Jantung: Menurut para peneliti, minyak jagung telah menunjukkan efek anti aterogenik pada tingkat kolesterol, sehingga mencegah risiko penyakit jantung.
  7. Mencegah Anemia: vitamin B12 dan asam folat yang terdapat dalam jagung mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin ini.
  8. Menurunkan Kolesterol Jahat: Menurut Jurnal Biokimia Nutrisi, konsumsi minyak kulit jagung menurunkan kolesterol LDL plasma dengan mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh.
  9. Perlindungan terhadap Diabetes dan Hipertensi: Konsumsi jagung membantu pengelolaan non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM) dan efektif terhadap penyakit tekanan darah tinggi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung.
  10. Manfaat Kosmetik: Tepung Jagung digunakan dalam pembuatan berbagai kosmetik dan mungkin juga dioleskan untuk menenangkan ruam kulit dan iritasi. Produk jagung dapat digunakan untuk menggantikan produk-produk minyak bumi karsinogenik yang merupakan komponen utama dari bahan kosmetik.
Jagung merupakan sumber pangan alternatif yang kaya akan nutrisi penting dan serat. Makanan yang banyak mengandung jagung dapat mengusir pergi beberapa penyakit dan juga melindungi terhadap banyak penyakit.
Sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit tentunya belum banyak yang mengetahui atau lazim menggunakannya sebagaimana orang-orang menggunakan alpukat, tomat, atau bahan makanan alami lainnya.
Menurut para ahli kesehatan dengan mengkonsumsi jagung secara teratur, kandungan zat prokaroten (protein, karbohidrat dan sedikit lemak) dalam jagung akan tersimpan di jaringan kulit, sehingga akan berfungsi sebagai pelindung terhadap sinar ultra violet. Selain itu menurut seorang herbalis dari Klinik Herbal Pondok Indah, dokter Agus Rahmadi, kandungan zat dalam jagung yang dapat menarik minyak, juga bermanfaat untuk mengobati jerawat. Tidak hanya buah jagungnya saja tapi juga rambut jagungnya bisa di gunakan sebagai obat jerawat.
Jenis jagung yang baik untuk digunakan dalam merawat kecantikan kulit wajah adalah, jagung muda karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi, dan bisa digunakan sebagai masker wajah alami. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, saran para ahli, sebaiknya ditambahkan madu dalam campuran masker tersebut agar selain berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit, masker itu juga dapat mencegah infeksi dan membunuh kuman yang menempel di kulit dengan adanya campuran madu tadi.
Proses pembuatan masker jagung ini cukup mudah, yaitu campurkan tumbukan satu buah jagung muda halus atau kalau mau yang lebih praktis bisa diganti dengan dua sendok makan susu jagung bubuk (instant) dengan dua sendok makan madu. Sebelum dipakai, basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian oleskan masker, diamkan beberapa saat hingga mengering. Terakhir bersihkan wajah dengan air hangat sampai sisa – sisa masker bersih, lalu basuh kembali dengan air dingin untuk menutupi pori-pori wajah.
Nah tunggu apalagi silahkan anda mencoba khasiat susu jagung disamping rasanya yang di jamin lezat.
Artikel sebagian dikutip dari www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Peta Lokasi Susu Jagung Naga SP